Cari Yang Anda Inginkan

Monday, August 17, 2009

Lanjutan pembahasan tentang Prinsip Pengembangan Kurikulu

( Lanjutan tentang Prinsip Pengembangan Kurikulum)
Sumber-Sumber Prinsip Pengembangan Kurikulum
1. Data Empiris (Empirical data)
2. Data Eksperimen (Experiment data)
3. Cerita/Legenda yang hidup di masyarakat (Folklore of Curriculum)
4. Akal sehat ( Common sense)

(Oliva, 1992: 28)
Tipe-Tipe Prinsip Pengembangan Kurikulum
• Anggapan Kebenaran Utuh atau Menyeluruh (Whole Truth) adalah fakta, konsep, dan prinsip yang diperoleh dan telah diuji dalam penelitian yang ketat dan berulang sehingga bisa dibuat generalisasi dan bisa berlaku di tempat yang berbeda.
• Anggapan Kebenaran Parsial (Partial Truth) yaitu suatu fakta, konsep, dan prinsip yang sudah terbukti efektif dalam banyak kasus tapi sifatnya masih belum bisa digeneralisasi.
• Angapan Kebenaran yang Masih Memerlukan Pembuktian (Hypothesis) yaitu asumsi kerja atau prinsip yang sifatnya tentatif. Prinsip ini muncul dari hasil deliberasi yaitu judgement dan pemikiran akal sehat.
Prinsip-prinsip Pengembangan kurikulum
Untuk Prinsip-Prinsip Pengembangan Kurikulum telah dibahas dalam postingan sebelumnya. Jadi dalam bahasan kali ini tidak akan secara detail dibahas tentang prinsip umum dan prinsip khusus kurikulum.
PRINSIP UMUM :
Prinsip yang harus diperhatikan untuk dimiliki oleh kurikulum sebagai totalitas dari gabungan komponen-komponen yang
PRINSIP KHUSUS :
Mengembangkan komponen tujuan, prinsip untuk mengembangkan komponen isi kurikulum, dan prinsip-prinsip untuk mengembangkan komponen-komponen kurikulum lainnya

Oliva : Prinsip (axioms)
• Perubahan kurikulum adalah sesuatu keharusan
• Kurikulum merupakan produk dari masa yang bersangkutan.
• Perubahan kurikulum masa lalu sering terdapat secara bersamaan bahkan tumpang tindih dengan perubahan kurikulum yang terjadi masa kini.
• Perubahan kurikulum akan terjadi dan berhasil jika ada perubahan pada orang-orang atau masyarakat.
• Pengembangan kurikulum adalah kegiatan kerjasama kelompok.
• Pengembangan kurikulum pada dasarnya adalah proses menentukan pilihan dari alternatif yang ada.
• Pengembangan kurikulum adalah kegiatan yang tidak akan pernah berakhir.
• Pengembangan kurikulum akan berhasil jika dilakukan secara komprehensif, bukan aktivitas bagian per bagian yang terpisah.
• Pengembangan kurikulum akan lebih efektif jika dilakukan dengan mengikuti suatu proses yang sistematis.
• Pengembangan kurikulum dilakukan berangkat dari kurikulum yang ada

No comments:

Post a Comment