Cari Yang Anda Inginkan

Monday, August 17, 2009

Evaluasi Kurikulum

Pengertian
* Menurut Drs. Asep Herry Hernawan, M.Pd
o Evaluasi
* Proses penentuan nilai sesuatu berdasarkan kriteria tertentu
o Evaluasi Kurikulum
* Evaluasi program pendidikan bagi peserta didik dalam lingkup luas atau terbatas, dilakukan terhadap kurikulum potensial maupun kurikulum aktual
* Evaluation is the process for determining the degree to which these changes in behavior are actually taking place (Tyler)
* Evaluation as a process for describing an evaluand and judging its merit and worth (Lincoln and Guba)
* Evaluation is the effort to understand the functioning and effect of a program (Meyers)
* Evaluation is an observed value compared to some standard (Stake)

Hubungan antara evaluasi, pengukuran, dan tes
Menurut HANSISWANY KAMARGA

klik 2x pada gambar untuk memperbesar
* Tes adalah suatu alat pengumpulan data yang dirancang secara khusus:
o pola jawaban yang dirancang harus memenuhi perangkat kriteria ayng ketat;
o aspek yang di tes khusus dan terbatas;
o hasilnya dinyatakan dalam bentuk angka
* Pengukuran adalah suatu set aturan mengenai pemberian angka terhadap hasil suatu kegiatan pengukuran :
o Biasanya dilakukan melalui tes
o Didasarkan pada teori pengukuran psikometrik
* Evaluasi adalah proses pemberian pertimbangan mengenai nilai dan arti dari sesuatu yang dipertimbangkan

CAKUPAN PROSES EVALUASI
Menurut Drs. Asep Herry Hernawan, M.Pd
* Judgement (Menetapkan suatu nilai)
o Subjektif
o Objektif (berdasar kriteria yang disepakati)
* Kriteria
o Internal (program)
o Eksternal (luar program)
* Objek Penilaian
o Luas (Program Pendidikan)
o Terbatas (Program belajar-mengajar)

KATEGORI EVALUASI KURIKULUM
* PENILAIAN KONTEKS
o Dasar dalam menentukan tujuan program
o Fisibilitas dengan kondisi dan situasi di mana program itu akan dilaksanakan
* PENILAIAN INPUT (MASUKAN)
o Memperoleh informasi dan menyajikan keterangan sebagai dasar pemanfaatan sumber daya untuk pencapaian tujuan
* PENILAIAN PROSES
o Mengetahui kekuatan/kelemahan rencana dan pelaksanaan
o Memperoleh informasi untuk perbaikan, penyempurnaan, pengembangan program
* PENILAIAN OUTPUT (KELUARAN-HASIL)
o Menentukan keberhasilan program dan dampaknya

Adapun menurut HANSISWANY KAMARGA evaluasi kurikulum
Proses pemberian pertimbangan (judgement) mengenai nilai dan arti dari kurikulum yang dipertimbangkan

klik 2x pada gambar untuk memperbesar
Pekerjaan evaluator bukan pekerjaan bebas seperti melakukan penelitian. Evaluasi harus berhubungan dengan kegunaan praktis; kalau tidak bisa menunjukkan kegunaan praktis maka dianggap kegagalan evaluasi

3 Konsep penting dalam evaluasi menurut HANSISWANY KAMARGA
* Proses
Evaluasi adalah suatu proses bukan suatu hasil / produk. Hasil yang diperoleh dari kegiatan evaluasi adalah nilai dan arti evaluan; sedangkan kegiatan untuk sampai kepada pemberian nilai dan arti itu yang dinamakan evaluasi
* Pemberian nilai
Dilakukan apabila seorang evaluator memberikan pertimbangannya mengenai evaluan tanpa menghubungkannya dengan sesuatu yang bersifat dari luar (internal pada diri evaluan)
* Pemberian arti
Berhubungan dengan posisi & peranan evaluan tersebut dalam suatu konteks tertentu

TUJUAN EVALUASI KURIKULUM
Drs. Asep Herry Hernawan, M.Pd
* Pengambilan Keputusan
* Penyempurnaan Kurikulum
(pelaksanaan, pembinaan, dan pengembangan)
o JANGKA PENDEK
meningkatkan efektivitas kurikulum (derajat pencapaian tujuan)
meningkatkan pengelolaan kegiatan kurikuler (pemanfaatan tenaga, waktu, tempat, fasilitas, sarana, biaya)
o JANGKA PANJANG
Melihat hasil yang dicapai kurikulum dan dampaknya terhadap performance lulusan
Dasar bagi pembinaan mekanisme balikan, perbaikan, dan penyempurnaan pelaksanaan kurikulum
Serta dalam persentasi Dian Andayanai, S.Pd tujuan evaluasi kurikulum adalah

klik 2x pada gambar untuk memperbesar
MODEL EVALUASI KURIKULUM
* Measurement
o Menempatkan kedudukan setiap siswa dalam kelompoknya melalui pengembangan norma kelompok dalam evaluasi hasil belajar
o Membandingkan hasil belajar antara dua atau lebih kelompok yang menggunakan program/ metode pengajaran yang berbeda-beda melalui analisis secara kuantitatif
o Teknik evaluasi yang digunakan terutama tes yang disusun dalam bentuk obyektif, yang terus dikembangkan untuk menghasilkan alat evaluasi yang reliable dan valid
* Congruence
o Menggunakan Prosedur pre-and-post-assessment dengan menempuh langkah-langkah pokok sebagai berikut: penegasan tujuan, pengembangan alat evaluasi, dan penggunaan hasil evaluasi
o Analisis hasil evaluai dilakukan secara bagian demi bagian
o Teknik evaluasi mencakup tes dan teknik-teknik evaluasi lainnya yang cocok untuk menilai berbagai jenis perilaku yang terkandung dalam tujuan
o Kurang menyetujui diadakannya evaluasi perbandingan antara dua atau lebih program
* Illumination
o Menggunakan prosedur yang disebut progressive focusing dengan langkah-langkah pokok: orientasi, pengamatan yang lebih terarah, analisis sebab akibat
o Bersifat kualitatif terbuka dan fleksibel eklektif
o Teknik evaluasi mencakup observasi, wawancara, angket, analisis dokumen dan bila perlu mencakup pula tes
* Educational System Evaluation
o Membandingkan performance setiap dimensi program dengan kriteria internal
o Membandingkan performance program dengan menggunakan kriteria eksternal yaitu performance program yang lain
o Teknik evaluasi mencakup tes, observasi, wawancara, enmgket dan analisis dokumen
Sedangkan menurut HANSISWANY KAMARGA tujuan kurikulum adalah:
* Menentukan efektivitas suatu kurikulum/program pembelajaran
* Menentukan keunggulan dan kelemahan kurikulum/program pembelajaran
* Menentukan tingkat keberhasilan pencapaian hasil belajar peserta didik
* Menentukan masukan untuk memperbaiki program
* Mendeskripsikan kondisi pelaksanaan kurikulum
* Menetapkan keterkaitan antarkomponen kurikulum

Fungsi Evaluasi
* Menurut Tyler :
Untuk memperbaiki kurikulum (melalui hasil belajar  evaluasi produk)
* Menurut Cronbach :
Untuk memperbaiki kurikulum dan memberi penghargaan
* Menurut Scriven :
Untuk mengurangi kekurangan-kekurangan yang ada.
* Scriven membedakan evaluasi kurikulum dalam 2 fungsi yakni Fungsi Formatif dan Fungsi Sumatif
o Fungsi Formatif : dilaksanakan apabila kegiatan evaluasi diarahkan untuk memperbaiki bagian tertentu dari kurikulum yang sedang dikembangkan
o Fungsi Sumatif : dilaksanakan apabila kurikulum telah dianggap selesai pengembangannya (evaluasi terhadap hasil kurikulum)
Langkah Umum Evaluasi Menurut HANSISWANY KAMARGA

klik 2x pada gambar untuk memperbesar
DIMENSI EVALUASI KURIKULUM
Menurut Drs. Asep Herry Hernawan, M.Pd
Dimensi Program (Kurikulum Ideal)

* TUJUAN (institusional, kurikuler, instruksional)
Lingkup abilitas/kompetensi,
Kedalaman/keluasan tujuan
Kesinambungan antar tujuan
Relevansi antar tujuan
Rumusan kalimat

* ISI KURIKULUM (Struktur, Komposisi, Jumlah mata ajaran, alokasi waktu)
Kesesuaian dengan tujuan
Scope dan sequence
Sifat isi
Esensi
Kesinambungan
Organisasi
Keseimbangan
Kegunaan

* PEDOMAN PELAKSANAAN
Proses belajar-mengajar
Sistem penilaian
Administrasi dan supervisi
Sumber belajar

Dimensi Pelaksanaan (Kurikulum Aktual)
Masukan
* Masukan Mentah (peserta didik)
Jumlah
Minat dan motivasi
Kecakapan sebelumnya
Bakat/potensi
Latar belakang
* Masukan Alat
Bahan pelajaran/pelatihan
Alat-alat pembelajaran
Media dan sumber belajar
Pengajar/pelatih (jumlah dan kualitasnya)
Sistem administrasi
Prasarana pendidikan
* Masukan Lingkungan
Lingkungan sosial
Lingkungan budaya
Lingkungan geografis
Lingkungan religius
Proses
Interaksi unsur-unsur masukan untuk mencapai tujuan
Keluaran
Hasil langsung berupa perubahan tingkah laku (kompetensi) setelah mengalami proses
Dampak
Kompetensi peserta didik di masyarakat/tempat bekerja

PRINSIP EVALUASI KURIKULUM
Menurut Drs. Asep Herry Hernawan, M.Pd


klik 2x pada gambar untuk memperbesar
BENTUK EVALUASI KURIKULUM
Dalam persentasi Drs. Asep Herry Hernawan, M.Pd
PENILAIAN FORMATIF (MONITORING)
* Dilaksanakan pada saat berlangsungnya suatu program
* Tujuan utamanya memperbaiki kelemahan sesegera mungkin, build in dalam pelaksanaan program
* Dilaksanakan secara kontinu agar objektif dan komprehensif
* Hasilnya segera disusun dan digunakan dalam program selanjutnya
* Alat penilaian : observasi, wawancara, tes
* Penilai : pengajar/pelatih, kepala diklat, supervisor, tim penilai khusus
* Segi yang dinilai : pelaksanaan pengajaran, penilaian, bimbingan, administrasi, penggunaan sumber belajar, sarana pendidikan, dll.

PENILAIAN SUMATIF
* Dilaksanakan setelah selesainya suatu program
* Tujuan utamanya menilai keberhasilan suatu program dilihat dari tujuan yang telah ditentukan sebelumnya
 Aspek yang dinilai terutama produk atau hasil dari program

PROSEDUR EVALUASI KURIKULUM
TAHAP PERSIAPAN
* Menyusun TOR (term of reference)
* Target dan sasaran penilaian
* Lingkup dan objek yang dinilai
* Alat dan instrumen yang digunakan
* Prosedur dan cara penilaian
* Organisasi pelaksana
* Biaya
* Dsb.
* Klarifikasi (penjabaran dari TOR)
* Mengadakan penelaahan perangkat evaluasi (tujuan, isi, strategi, sumber data, instrumen, dan jadwal)
* Ujicoba Penilaian (try-out)
* Melaksanakan teknik dan prosedur penilaian di luar sampel penilaian
* Tujuannya untuk melihat keterandalan alat penilaian dan melatih tenaga penilai
* Hasil ujicoba dijadikan dasar perbaikan dan penyempurnaan

TAHAP PELAKSANAAN
* Pengumpulan data lapangan
* Penyusunan dan pengolahan data
* Penyajian/deskripsi data
* Menentukan judgement, rekomendasi, implikasi
* Menyusun laporan

Sumber:
Sumber data berasal dari persentasinya
Drs. Asep Herry Hernawan, M.Pd dalam persentasi Evaluasi Kurikulum
Dian Andayani, S.Pd dalam persentasi Evaluasi Kurikulum
HANSISWANY KAMARGA dalam persentasi Evaluasi Kurikulum
Serta sumberlain yang mendukung postingan ini.

No comments:

Post a Comment